Langkah Menanam Kangkung Hidroponik, Mudah Dibuat Dirumah

Langkah Menanam Kangkung Hidroponik, Mudah Dibuat Dirumah

Langkah Menanam Kangkung Hidroponik, Ingin berkebun di dalam rumah, tetapi tempat terbatas? Jika demikian, bercocok tanam dengan cara hidroponik adalah jalan keluar yang pas untuk Anda. Anda tak perlu media tanah untuk menanam beberapa tipe tumbuhan. Contohnya sayuran kangkung.

Menanam kangkung dengan cara hidroponik tidak susah dilaksanakan. Anda perlu mempersiapkan media air yang digabung dengan nutrisi keperluan tanaman. Ditambah lagi kangkung termasuk juga sayuran yang gampang ditanam asal stol air melimpah.

Di bawah ini langkah menanam kangkung hidroponik yang telah dikumpulkan dari beberapa sumber.

Langkah Menanam Kangkung Hidroponik:
  1. Sediakan besek/baskom memiliki ukuran besar dengan lubang-lubang kecil di sekitarnya.
  2. Sediakan baskom berdiameter yang semakin besar untuk tempat mengapungkan besek/baskom yang telah dilubangi.
  3. Sediakan pupuk hidroponik, contohnya AB Mix spesial daun.
  4. Sediakan zat pengontrol tumbuh (ZPT) untuk menyelup benih supaya bertambah cepat berkecambah.
  5. Sediakan rakwol serta netpot.
  6. Sediakan benih sayuran kangkung (dapat diperoleh di pasar bunga atau penjual tanaman online) serta seleksi dengan dicelup semalaman.
  7. Bungkus benih kangkung yang sudah dicelup dengan kain basah supaya bisa berkecambah.
  8. Alihkan benih kangkung yang telah berkecambah ke wadah tanam.
  9. Rawat kangkung dengan pupuk cair.
  10. Waktu kangkung masuk umur dua minggu, naikkan fokus larutan pupuk organik cair dari 5 ml/liter air jadi 7–9 ml/ liter air.
  11. Tukar larutan nutrisi bila telah bau.
  12. Kangkung hidroponik siap dipanen pada umur 4-6 minggu.
  13. Panen kangkung hidroponik waktu daunnya masih hijau fresh serta tangkai belum berbunga.
Sediakan Perlengkapan, Benih, serta Bahan Yang lain Diperlukan

Langkah menanam kangkung hidroponik yang pertama ialah mempersiapkan alat serta bahan. Alat yang diperlukan untuk menanam kangkung hidroponik contohnya wadah atau besek memiliki ukuran besar dengan lubang-lubang kecil di sekitarnya. Sediakan baskom berdiameter yang sama juga dengan besek, supaya besek bisa mengapung di baskom.

Beberapa bahan yang diperlukan yang lain ialah benih kangkung, pupuk hidroponik (AB mix atau pupuk cair bikinan sendiri), serta zat pengontrol tumbuh (ZPT) untuk menyelup benih supaya bertambah cepat berkecambah.

Penyeleksian Benih Kangkung yang Bermutu

Langkah menanam kangkung hidroponik setelah itu pilih benih yang bermutu. Penyeleksian bibit kangkung benar-benar punya pengaruh pada kesuksesan budi daya kangkung hidroponik.

Pilih bibit kangkung favorit supaya tanaman yang dibuat bisa dipanen dengan cara bertepatan, tidak gampang berbunga, serta tidak menjalar waktu proses penanaman. Seleksi lebih dulu mana benih kangkung yang wajar tanam serta mana benih yang tidak bisa tumbuh.

Seleksi benih kangkung bermutu dalam langkah-langkah berikut. Siapkan baskom berisi air bersih, tuang benih ke wadah itu serta diamkan semalaman, serta esok harinya Anda akan mendapatkan benih yang mengapung serta terbenam. Sisihkan benih yang terbenam, sebab benih itu yang mempunyai kualitas baik.

Buat persiapan Rokwol, Nutrisi AB Mix, serta Netpot

Beberapa bahan ini mempunyai peranan penting saat ingin budidaya hidroponik. Rakwol untuk pembenihan dilaksanakan dalam tempat spesial untuk bibit yang akan tumbuh.

Nutrisi AB Mix mempunyai banyak tipe. Cocokkan pemakaian AB Mix untuk buah serta daun. Buat menanam kangkung hidroponik, Anda dapat pilih nutrisi AB Mix spesial untuk daun.

Buat persiapan Penyemaian Benih Kangkung

Bila telah memperoleh benih yang baik, Anda mulai bisa menyemai benih. Mengambil kain yang cukup tebal. Bungkus benih kangkung yang sudah dicelup itu dengan kain.

Siram kain memakai air suam-suam kuku seperlunya. Siram sampai sebatas basah saja. Ini mempunyai tujuan supaya benih kangkung bertambah cepat berkecambah.

Alihkan Benih ke Wadah Tanam

Langkah menanam kangkung hidroponik setelah itu mengalihkan benih ke wadah. Kangkung akan alami perkembangan yang maksimal jika benih-benih itu ditanam dalam jumlah banyak pada satu wadah.

Alihkan semua benih yang sudah berkecambah ke besek. Anda dapat memakai busa filter aquarium untuk dasaran yang melapisi besek, tetapi bila tidak ada tak perlu diberi.

Setelah itu, tuang larutan nutrisi hidroponik ke baskom sampai tentang permukaan besek serta benih. Bila menggunakan busa filter, karena itu tuangkan larutan nutrisi cukup sampai busa saja. Selanjutnya tempatkan benih yang baru tumbuh di tempat yang terserang cahaya matahari atau diamkan kangkung tumbuh dengan tutup besek memakai plastik hitam semasa satu hari penuh.

Perawatan Kangkung Hidroponik

Langkah menanam kangkung hidroponik setelah itu dadalah perawatan harian. Lihat keperluan nutrisi kangkung pada faktor hara berbentuk cair.

Tekankan kangkung hidroponik tidak kekurangan nutrisi, ditambah waktu kangkung masuk umur dua minggu. Waktu itu fokus larutan perlu dinaikkan. naikkan fokus larutan pupuk organik cair dari 5 ml/liter air jadi 7–9 ml/ liter air.

Anda pun perlu mengubah larutan nutrisi bila di rasa telah bau. Kerjakan tingkatan itu dengan cara berulang-ulang sampai waktu panen datang.

Langkah menanam kangkung hidroponik yang paling akhir ialah pemanenan di saat yang pas. Panen kangkung hidroponik saat masuk umur 4-6 minggu atau kurang lebih 1 bulan sesudah waktu tanam.

Panen kangkung hidroponik saat daun-daun kangkung masih hijau fresh serta tangkai belum berbunga.

Demikian langkah menanam kangkung hidroponik yang dapat diaplikasikan di dalam rumah. Selamat berkebun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *