Salju di Antartika Berbeda Jadi Hijau, Petanda Apa?

Salju di Antartika Berbeda Jadi Hijau, Petanda Apa?

Salju di Antartika Berbeda Jadi Hijau, Petanda Apa?, Walau tinggal di negeri tropis yang tidak pernah merasakan musim dingin, beberapa anak di Indonesia tahu jika salju itu tentu warna putih.

Tetapi hal yang unik serta sangat jarang berlangsung di pesisir pantai Antartika. Salju di daerah itu tidak warna putih, tetapi hijau jelas. Dengan kemunculan ini, seluruh orang tentu menduga ini ialah imbas pemanasan global yang tetap berlangsung di Antartika.

Kejadian sangat jarang di pesisir pantai Antartika ini sesungguhnya bukan karena pemanasan global, tetapi karena mekarnya ganggang salju hijau.

Dapat Disaksikan dari Satelit

Tumbuhan memiliki ukuran benar-benar kecil ini mekar bertepatan secara rata di atas tanah sampai dapat disaksikan dari satelit di luar angkasa. Sejumlah besar daerah pesisir pantai Antartika terlihat hijau, sesaat sekelilingnya warna putih salju.

Sebab adalah kejadian sangat jarang, beberapa periset di University of Cambridge di Inggris serta British Antarctic Survey lakukan riset di situ.

Peta Ganggang Hijau di Antartika

Dengan memakai data satelit serta penilaian lapangan, beberapa periset di ke-2 instansi itu membuat peta ganggang salju hijau. Arah mereka membuat peta untuk meramalkan perkembangan ganggang salju yang cukup sangat jarang di hari esok.

Factor Ganggang Hijau Dapat Tumbuh di Antartika

University of Cambridge mengutarakan ganggang salju hijau tumbuh di sejauh pesisir pantai Antartika di belahan selatan Bumi.

” Tanaman itu tumbuh di wilayah ‘hangat’, di mana temperatur rerata cuman di atas 0 derajat Celcius sepanjang musim panas di belahan selatan Bumi yang berjalan dari November sampai Februari,” catat beberapa periset di University of Cambridge.

Kecuali temperatur yang sedikit hangat dari sekelilingnya, tempat tumbuhnya ganggang salju hijau itu jadi tempat bermain beberapa penguin. Kotoran mereka sudah jadi pupuk alami untuk ganggang salju hijau.

Perombakan Cuaca Berperanan

Perombakan cuaca ikut juga berperanan dalam ‘menghijaukan’ beberapa salju di daerah Antartika.

” Waktu Antartika memanas, kami memprediksi jumlah ganggang salju akan bertambah. Beberapa faktor ini tingkatkan penebaran ganggang salju hijau ke daratan yang semakin tinggi,” terang Andrew Gray, pimpinan riset dari University of Cambridge.

Beberapa periset pengin memperlebar studi mereka dengan masukkan ganggang merah serta oranye selaku bahan riset. Ke-2 ganggang itu berperan pada terbentuknya Antartika yang berwarna-warni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *